Kamis, 19 April 2012

Camels


NAMA                        : Abdul Rahman
KELAS                       : 3 DB 19
NPM                           : 35109583
MATAKULIAH        : Terapan Komputer Perbankan
MATERI                     : Camels
CAMELS merupakan faktor yang sangat menentukan predikat kesehatan suatu bank. Aspek tersebut satu dengan yang lainnya saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Aspek capital meliputi (CAR), aspek assets meliputi (BDR) dan (CAD), aspek earning meliputi (ROA), dan (BOPO), sedangkan aspek liquidity meliputi (LDR) dan (Call Money), Sensitivity To Market Risk meliputi (Potential Loss Suku Bunga) dan (Potential Loss Nilai Tukar) juga (Ekses Modal). Lima dari enam aspek tersebut masing-masing capital, assets, management, earning, liquidity, Sensitivity To Market Risk dinilai dengan menggunakan rasio keuangan.

Hal ini menunjukkan bahwa rasio keuangan bermanfaat dalam menilai kondisi keuangan perusahaan perbankan. Penelitian rasio keuangan baik secara individu maupun secara construct untuk menilai kinerja dan pengujian kekuatan hubungan rasio keuangan dengan kinerja keuangan perbankan, menurut pengamatan peneliti jarang dilakukan. Hal ini didasari oleh beberapa alasan antara lain keuangan perusahaan perbankan sedikit berbeda dengan rasio keuangan sejenis perusahaan lainnya. Hal ini ditunjukan oleh Perbankan yang diatur khusus dalam Standar Akuntansi Keuangan No.3(IAI, 2004).
Sistem perbankan yang baik di suatu negara tergantung dengan baik tidaknya tingkat kesehatan bank yang ada di negara tersebut, karena perbankan merupakan salah satu sektor ekonomi yang paling sentral peranannya dalam memobilisasi dana masyarakat.

Dari uraian tersebut terlihat bahwa penilaian sehat tidaknya suatu bank dengan menggunakan metode CAMELS merupakan salah satu faktor untuk melihat kondisi serta tingkat kesehatan bank, oleh karena itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai tingkat kesehatan perbankan dengan menggunakan metode CAMELS terhadap bank yang go public di bursa efek saham. Sehingga dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Analisis Tingkat Kesehatan pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dengan Menggunakan Metode CAMELS”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar